Skip to main content

Strategi Peluang Bisnis E-Commerce Saat ini

 Dimasa sekarang situasi ekonomi masyarakat sedang mengalami penurunan daya beli terhadap produk barang dan jasa  layanan khususnya yang kita alami dalam usaha Bisnis Gurah Mesin Mekanik Profesional. 

Apalagi dengan adanya Pandemi Covid-19 yang semakin meningkat menurut informasi sumber WHO data terakhir tanggal 02-08-2020 secara global ada 216 negara yang terkonfirmasi 17.660.523 orang dan meninggal mencapai 680.894 orang. Sedangkan di Indonesia update terakhir tgl 04-09-2020 yang positif sebanyak 187.537 orang, dengan informasi sembuh sebanyak 134.181 orang dan meninggal sebanyak 7.382 orang. (Sumber : https://covid19.go.id )
 Tantangan menghadapi situasi diatas adalah bagaimana pelaku bisnis usaha berfikir mencari solusi untuk tetap bertahan dengan metode lama atau  atau punya inovasi baru dalam pemasaran produk dan jasa layanannya. 

 Strategi pemanfaatan e-commerce yang baik terdiri dari taktik pemasaran yang juga baik di dalam atau di luar website . Strategi pemasaran yang sehat dapat membantu untuk membangun kesadaran brand, mendorong loyalitas customer, dan pada akhirnya meningkatkan penjualan online dapat menggunakan strategi e-commerce marketing untuk mempromosikan toko online secara keseluruhan atau untuk mendorong penjualan bagi produk-produk spesifik tertentu. 

Berikut kami berikan beberapa ide praktis yang dapat Anda gunakan.
  1. Penjualan Produk
 Upselling adalah suatu teknik penjualan yang digunakan untuk membuat pelanggan membelanjakan lebih banyak dengan membeli produk dengan versi yang ditingkatkan atau premium dari apa yang dibeli. Kita pasti sudah sering mendengar atau melihat hal-hal seperti “Apakah Anda ingin meng-upgrade pesanan Anda?”. Hal tersebut merupakan salah satu contoh praktik dari upselling untuk membuat customer membeli produk premium daripada produk yang awalnya ingin mereka beli.
Bagi banyak bisnis, teknik upselling ini bisa menjadi sangat efektif dibandingkan dengan mendatangkan pelanggan baru ke dalam toko Anda. Terkadang, pelanggan Anda mungkin tidak mengetahui bahwa produk premium lain yang sejenis dengan yang ingin mereka beli tersedia di toko Anda, atau mereka perlu memahami lebih apakah peningkatan (upgrade) pada produk yang mereka inginkan diperlukan.
 2. Terhubung dengan Customer
Ada banyak cara untuk senantiasa terlibat dengan customer secara positif. Salah satu contohnya yaitu, Anda dapat memanfaatkan fitur live chat dan WhatsApp untuk secara langsung membangun koneksi dengan customer baik di website ataupun toko online di e-commerce platform/ marketplace. Kehadiran fitur live chat ini dapat memungkinkan Anda untuk lebih mengarahkan pencarian mereka pada suatu halaman tertentu setelah menghabiskan waktu lebih dari satu menit, atau bahkan sesaat setelah mereka tiba di toko Anda. Media social yang memiliki Market Place seperti Facebook Marketplace juga bisa menjadi sarana penghubung antara penjual dengan pembeli secara langsung melalui aplikasi Facebook yang sebagian besar orang memilikinya.
 Live chat ini juga memungkinkan Anda untuk melakukan percakapan langsung dengan konsumen sehingga Anda dapat menjawab dan membantu mengatasi masalah yang mereka hadapi saat berencana untuk melakukan transaksi di toko online Anda. Selain itu, penting juga bagi Anda untuk memperhatikan seberapa banyak orang yang mengabaikan keranjang belanja atau memasukan produk Anda dalam wishlist mereka.
 3. Antisipasi Penjualan
Jika Anda memiliki kemampuan untuk memperluas lini produk Anda, maka Anda harus dapat mengevaluasi permintaan pasar dan melihat apakah hal tersebut sepadan dengan biaya yang Anda keluarkan. Anda dapat melakukannya melalui berbagai pendekatan seperti riset kata kunci, validasi geografis, tren media sosial, dan sebagainya. Anda juga dapat menjual produk dengan sistem pre-order untuk melihat seberapa banyak konsumen yang berminat pada produk tersebut.
 4. Optimalkan Halaman Website
Conversion rate optimization (CRO) merupakan praktik yang diterapkan dalam mengoptimalkan konversi penjualan di dalam toko online Anda. Mempraktikan CRO akan membantu Anda untuk mengidentifikasikan masalah-masalah pada toko online Anda seperti, “di mana Anda kehilangan penjualan?”, “Konsumen seperti apa yang meninggalkan toko dan mengapa?”, “Apa yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan kembali peluang yang terlewatkan itu?”, dan sebagainya.
 Proses ini dilakukan dengan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif, sehingga Anda akan mendapatkan hasil yang nyata dan tidak memihak tentang bagaimana toko online Anda mengkonversi konsumen menjadi pelanggan tetap. Setelah melakukan penelitian untuk mengidentifikasi tantangan dan peluang dari toko tersebut, Anda dapat mengembangkan hipotesis dan tes untuk melihat pendekatan mana yang menghasilkan penjualan terbanyak untuk bisnis e-commerce Anda.
 5. Beri Apresiasi Customer Loyal
Berfokus pada retensi pelanggan merupakan cara terbaik yang dapat menghemat biaya dalam meningkatkan penjualan online dari produk bisnis Anda. Konsumen yang kembali membeli produk atau layanan yang Anda berikan dapat menyumbang hampir 22% dari pendapatan Anda, sementara pelanggan baru hanya menyumbang 11%, menurut data dari Stitch Labs. Mereka juga melakukan hampir 15% transaksi yang lebih banyak dalam setahun.
 Salah satu cara untuk mengapresiasi pelanggan setia seperti mereka adalah melalui program loyalitas pelanggan. Ada banyak cara yang membuat pelanggan dan Anda mendapatkan manfaat dari program loyalitas ini. Bisa saja dengan memberikan pelanggan insentif tambahan untuk melakukan pembelian dan menjadikan brand Anda berada di top of mind mereka dengan fitur pengingat otomatis.
 6. Manfaatkan Kekuatan Pasar
Sebagian besar profesional e-commerce menginvestasikan sejumlah kecil anggaran mereka ke dalam pemasaran, dengan tujuan untuk mendapatkan pelanggan baru untuk mengunjungi situs mereka dan melakukan pembelian.
Tapi, bagaimana dengan orang yang sudah Anda yakini? Jika Anda tidak menargetkan mereka melalui kampanye pemasaran ulang, Anda dapat kehilangan keuntungan yang signifikan. Pelanggan berulang tidak hanya lebih cenderung membeli dari Anda lagi selanjutnya.
Studi telah menemukan bahwa pelanggan tetap memiliki peluang 60 hingga 70 persen untuk melakukan pembelian lagi selanjutnya. Hal ini ditandai dengan masih adanya pelanggan yang loyal dengan  nama perusahaannya.
 7. Testimoni Pelanggan
Membangun identitas merek yang kuat adalah keharusan mutlak karena memungkinkan Anda untuk membentuk hubungan emosional dengan audiens target Anda. Ketika Anda mampu memupuk hubungan yang kuat dengan pelanggan Anda yang paling bersemangat, Anda kemudian dapat memanfaatkan antusiasme mereka untuk menyebar dari mulut ke mulut tentang Bisnis Anda. Sesuai dengan survey dilapangan ternyata informasi dari sahabat atau teman atau keluarga yang lain bisa menambah konsumen baru.
 8. Fokus Umur Pelanggan
Mengubah pelanggan itu sulit. Bahkan, sebagian besar perkiraan menempatkan tingkat konversi rata-rata sekitar 1 hingga 3 persen. Karena itu, Anda perlu membuat setiap hitungan penjualan. Anda tidak akan berada dalam bisnis lama jika pelanggan rata-rata Anda hanya menghabiskan beberapa rupiah.
Agar berhasil di bidang ini, Anda harus fokus pada nilai umur pelanggan, bukan hanya penjualan awal. Tentu saja, ini mengharuskan Anda memberikan pengalaman pelanggan yang berkualitas untuk penjualan awal. Tetapi, itu juga berarti Anda perlu melakukan tindak lanjut.
Umur produktif manusia antara 20 tahun sampai 60 tahun yang sering berinteraksi melalui alat komunikasi Handphone yang memiliki berbagai fitur dan aplikasi biasanya bermanfaat untuk memudahkan dalam berinteraksi mencari informasi melalui internet dengan berbagai macam aplikasinya. Maka sebagai pebisnis harus bisa menangkap peluang ini untuk selalu berinovasi mengembangkan usaha dengan berbagai cara agar usaha bisnis tetap berjalan dan bersaing di masa datang.
Demikian beberapa strategi bisnis menangkap peluang usaha E-Commerce dalam situasi saat ini, semoga bermanfaat.
 


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengapa Mobil Perlu Gurah Mesin?

 Pertanyaan ini pasti ada jawabannya disini.  Silahkan lihat manfaat gurah mesin mobil bisa home service dirumah saja.  Semoga berguna untuk semuanya.  Hemat biaya pengerjaannya cepat sudah berpengalaman terbukti berhasil bisa memberikan manfaat bagi orang lain.  Terimakasih. 

Proses Gurah Mesin Mobil Avanza Terbukti Mengembalikan Perfoma Mobil jadi Baru

Gurah Mesin Lengkap Update Informasi Fungsi dan Manfaat Gurah Mesin

Pengertian  Gurah Mesin  Gurah mesin  adalah usaha membersihkan kotoran kerak dalam lubang piston tanpa membongkar mesin dengan cairan carbon cleaner yang dimasukkan setelah busi dilepas kemudian disedot sampai bersih dan dikeringkan pasang kembali busi nya. Gurah mesin terbukti aman Fungsi dan Manfaat Gurah Mesin Mobil terbaik. Carbon cleaner atau Gurah mesin  yaitu menghilangkan  endapan karbon dari mesin, menggunakan metode kimia.  Kimia yang kami gunakan berbasis Air (  Water Base  )  sehingga aman untuk komponen bagian dari mesin.   Prosedur pembersihan endapan karbon secara mekanis  memerlukan pengangkatan kepala silinder dan kemudian,  secara fisik membuang endapan karbon dari atas piston,  ruang pembakaran dan komponen lainnya (misal katup)  istilah yang umum di sebut Engine semi over houl. Hal tersebut membutuhkan waktu dan biaya yang relatif besar/ mahal. Menambahkan bahan kimia fuel system cleaner ke ...